Cara Jadi Atlet Handal Bola Basket

Cara Jadi Atlet Handal Bola Basket

Cara Jadi Atlet Handal Bola Basket – Olahraga bola basket memang sangat banyak dimainkan oleh anak muda. Permainan ini memang sangat seru dan tentunya jika ingin jago dalam memainkannya maka tentu saja harus latihan secara rutin. Basket adalah permainan yang dimainkan oleh 10 orang (5 vs 5). Nah, dalam bermain basket tentunya setiap pemain mempunyai tugas atau posisi masing-masing.

Tips Jadi Atlet Bola Basket

Untuk menjadi pemain yang handal dalam memainkan permainan bola basket maka tentu saja harus mengetahui peraturan saat bermain. Selain itu, pastikan diri kamu harus sering latihan agar bisa melebihi lawan kamu di atas lapangan. Fisik dan skill adalah kunci utama menjadi pemain yang handal dalam bermain basket.

Tips Jadi Atlet Bola Basket

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam menjalankan permainan basket ada 5 posisi pemain. Posisi tersebut mempunyai job masing-masing, agar lebih jelasnya maka kamu bisa melihat penjelasan dan ragam latihannya yang akan kami berikan di bawah ini.

Posisi : Point Guard (PG)

Menjadi point guard memang bukan hal yang mudah. Dimana pemain tersebut mempunyai tugas memecah pertahanan lawan. Biasanya point guard memiliki kecepatan, mampu melihat peluang assist, dan keakuratan dalam menembak jarak jauh ataupun dekat.

Untuk menjadi point guard handal mungkin sobat harus sering latihan untuk mengelabui lawan dengan pasingan bagus ke teman 1 tim anda. Lari bolak-balik untuk melatih kelincahan. Dan jangan lupa latihan drible agar bisa mendapatkan kontrol bola yang baik saat bermain di atas lapangan.

Posisi : Shooting Guard (SG)

Shooting Guard, seperti namanya tugas di atas lapangan adalah memberikan tembakan jitu atau memberikan serangan dari luar setengah lingkaran. Tepatnya di area 3 point. Biasanya untuk menjadi Shooting guard yang handal maka pastinya harus akurat dalam menembak. 

Latihan yang tepat untuk menjadi handal dalam posisi ini adalah latihan shoot ke ring basket dari area 3 point. Pertajam naluri anda dalam menembak serta kontrol tenaga saat melakukan tembakan akan membuat diri kamu menjadi SG yang diperhitungkan. Jangan lupa juga untuk selalu melatih kecepatan lari dan jumping. Ini agar kamu bisa melakukan gerakan fake shoot untuk mengelabui lawan dan jump shoot.

Posisi : Small Forward (SF)

Nah, Posisi ini sangat penting. SF mempunyai tugas untuk menerobos pertahanan lawan. Pastinya ketika kamu menerobos pertahanan maka tentu saja akan terjadi benturan antar tubuh lawan. Pastikan ketika kamu laga body diri sobat mempunyai tenaga yang kuat agar bisa menggeser posisi lawan dan mendapatkan peluang bagus untuk melakukan lay up ataupun shooting.

Latihan untuk posisi ini adalah handling ball, lay up, shooting jarak dekat ataupun jauh di segala posisi. Jangan lupa mengasah kecepatan kamu saat bermain. Dengan demikian kamu akan licin dan susah untuk di hadang oleh lawan kamu. Latihan Jumping juga sangat diperlukan Agar bisa melompat tinggi saat melakukan gerakan lay up.

Posisi : Power Forward (PF)

Power forward tentunya harus handal atau bisa diandalkan dalam defendsive rebound ataupun offensive rebound. Nah, untuk pemain ini tentunya harus pandai dalam mencari posisi yang bagus dalam menerima assist atau operan dari teman setim kamu. Penyerangan yang di berikan oleh PF adalah di dekat ring basket atau serangan di dalam setengah lingkarang. Pemain ini harus mempunyai fisik tinggi dan tentunya kokok.

Latihan kebugaran ataupun fitnes sangat cocok. Selain itu, lari jarak jauh dan tentunya shoot jarak dekat dan lay up. Jangan lupa juga mengasah kemampuan anda dalam melihat keadaan diatas lapangan untuk mencari posisi yang tepat atau kosong (tanpa pengawalan lawan) untuk menerima operan dan finihing.

Posisi : Center (C)

Biasanya pemain di posisi ini memiliki fisik yang paling besar dan tinggi dari 5 pemain lain. Di posisi ini tentunya Center berkerja keras di bawah ring. Dimana mempunyai peranan besar dalam menghadang lawan dan memberikan poin kepada poin. Biasanya penyerangan yang dilakukan oleh pemain ini di bawah ring. Manfaatkan tubuh besar untuk menutupi visual lawan dan tenttunya mengambil posisi atau area yang lebih menguntungkan di atas lapangan.

Latihan yang tepat untuk menjadi center yang handal adalah semua latihan fisik. Jumping agar bisa mem block lawan dengan mudah. Latihan Rebound akan membuat diri kamu mempunyai insting yang bagus dalam mencari area yang tepat untuk mendapatkan bola hasil tembakan lawan atau tim kamu sendiri. Lay up dan shooting jarak dekat harus benar-benar diasah. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai permainan bola basket. Jadi dengan adanya informasi dasae ini akan membuat diri kamu bisa menentukan posisi dan latihan yang tepat.